Doa Yang Tidak Akan Dikabulkan Oleh Tuhan

Doa adalah berbicara dengan Tuhan. Ada dalam Alkitab, “Ketahuilah, bahwa TUHAN telah memilih bagi-Nya seorang yang dikasihi-Nya; TUHAN mendengarkan, apabila aku berseru kepada-Nya.” (Mazmur 4:3)

Yang Menjadi persoalan sekarang adalah Sering sekali kita bertanya-tanya dalam hati kecil kita, mengapa doa kita Belum dikabulkan oleh Tuhan sampai hari ini?

berpendapat bahwa mungkin doa kita kurang kencang. Alkitab tidak pernah berbicara tentang doa yang kencang dan kurang kencang. Ada lagi yang berpendapat, “Mungkin doanya kurang panjang kali, berapa jam kamu berdoa!” Justru Tuhan Yesus pernah menghardik tentang doa yang panjang-panjang, yang bertele-tele, dan lain sebagainya. Masih banyak lagi pengertian-pengertian atau mitos-mitos yang beredar tentang hal berdoa, yang beredar di kalangan orang-orang Kristen yang kebanyakan tidak ada di dalam Alkitab.

Jadi mengapa doa kita belum dijawab oleh Tuhan.

Doa Yang Tidak Akan Dikabulkan Oleh Tuhan


Karena Dosa
Alasan utama mengapa doa tidak dijawab adalah dosa. Allah tidak bisa dipermainkan atau ditipu. Dia yang bertakhta di sorga mengenal kita dengan begitu baiknya, hingga ke setiap pikiran kita (Mzm 139:1-4). Jika kita tidak berjalan di Jalan-Nya, atau jika kita menaruh permusuhan di dalam hati kita terhadap saudara kita, atau jika kita meminta sesuatu dengan motivasi yang salah (contohnya dari keinginan yang mementingkan diri sendiri), maka besar kemungkinan kalau Allah tidak akan menjawab doa kita, karena Dia tidak mendengar.

Tidak percaya
Matius 21:22:” Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."
Dalam firman ini, kita dianjurkan untuk berdoa serta meminta dengan penuh kepercayaan dan tanpa ragu-ragu. Apapun yang kamu doakan, sebanyak apa pun yang kamu minta dalam doa, jika tidak dengan iman, maka kamu tidak akan mendapat jawaban dari doa kamu itu. Segala sesuatu yang kamu minta melalui doa akan kamu peroleh jika kamu percaya. Firman Tuhan mengatakan, bahwa orang yang bimbang alias ragu-ragu tidak akan mendapatkan apa-apa.

Yakobus 1:6-8:” Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati  tidak akan tenang dalam hidupnya.

Salah Berdoa.
Ada kemungkinan seseorang tidak menerima apa-apa, sekalipun ia sudah berdoa, karena ia dianggap salah berdoa. Di manakah masalahnya? Masalahnya ada pada motivasi orang tersebut ketika berdoa di hadapan Allah, yakni ketika doa itu hanya bertujuan untuk memuaskan hawa nafsu.

Doa yang bertujuan untuk memuaskan hawa nafsu adalah doa yang ditujukan untuk kesenangan diri sendiri. Orang yang berdoa untuk kesenangan pribadi tidak akan peduli apakah doanya sesuai atau berlawanan dengan kehendak Allah. Ia juga tidak akan mempertimbangkan apakah doanya akan membawa kebaikan atau keburukan, karena hanya berfokus pada kesenangan pribadi. Alasan lainnya mengapa doa semacam ini tidak akan “mendapatkan hasil” adalah karena hawa nafsu merupakan manifestasi dari perbuatan daging yang tak berkenan di hadapan Allah. Mereka yang ada di dalam Kristus, perlu belajar untuk menyalibkan segala hawa nafsu dan keinginannya, lalu memberi diri untuk hidup dipimpin oleh Roh Tuhan  (Gal. 5:19; 24-25).

Tidak Mengutamakan Tuhan
Sebelum kita berdoa, apakah kita sudah mengutamakan Tuhan?
Sebagai orang percaya kita harus memiliki cara pandang hidup yang berbeda, artinya apapun keadaan hidup yang kita jalani saat ini, kita harus memiliki landasan keinginannya hanya satu, yaitu mengutamakan Tuhan di dalam segala hal.

Dengan memiliki cara pandang hidup seperti inilah, pada akhirnya apapun yang kita lakukan, kita tahu semuanya itu kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan. Inilah prioritas hidup yang bernilai kekal itu.
Saya katakan ini, sebab setiap orang percaya harus menyadari bahwa tujuan hidup yang utama itu, bukanlah semata-mata untuk meraih gelar, titel, pangkat, jabatan, kehormatan, dan bahkan kenyamanan hidup di dunia.

Sebab kalau hanya untuk semua itu kita berdoa, semuanya itu yang kita kejar dan menjadi prioritas utama dalam doa kita, maka pada akhirnya Doa kita akan menjadi sia-sia.


Tuhan punya rencana yang baik dalam hidupmu
Alasan terakhir yang perlu kamu tahu, kenapa Tuhan belum kabulkan doamu, karena Dia memiliki rencana yang jauh lebih baik dari apa yang kamu minta
“Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikian Firman TUHAN.” (Yesaya 55:8)

Tuhan tidak bisa dipaksakan untuk menuruti keinginan kita, sebab Ia adalah Pencipta sementara kita adalah ciptaanNya.

Kadang apa yang menurut kita baik, belum tentu baik bagi Allah.
Jadi jika sampai hari ini, doa kamu belum dikabulkan, cobalah untuk merenung dan mengubah kembali cara pikirmu dan lihat lah bahwa Allah akan menjawab doamu tepat pada waktu-Nya.

0 Response to "Doa Yang Tidak Akan Dikabulkan Oleh Tuhan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Yang sopan Dan Relevan.
Maaf.. Link Hidup Akan di hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel